Rabu, 02 Maret 2011

MORE THAN WORDS (Cerpen by Rath)

Saying I love you

Is not the words I want to hear from you..


Pagi ini gue bangun dengan keadaan yang amat berantakan. Semalem gue baru pulang dari pesta ulang tahun temen gue sekitar jam sebelas malem. Dan sekarang.. Jam lima pagi, gue udah kudu bangun dan cepet mandi. Gue ga mau gue telat masuk sekolah hanya gara-gara bangun kesiangan. Mau ditaruh di mana wajah gue?! Gue segera ambil seragam di lemari pakaian dan ngibrit ke kamar mandi yang letaknya tepat di sebelah kamar gue. Setelah mandi, gue cepet-cepet berangkat sekolah. Sendirian. Naik motor.

Untung aja jalanan Jakarta pagi ini ga macet. Gue sampek di sekolah dan langsung taruh motor gue di parkiran. Di sana udah ada tukang parkir kayak biasa. Gue titipin helm dan motor gue di sana. Jam tujuh tepat! Gue buru-buru lari ke kelas. Dan, mungkin hari ini adalah hari sial gue, gue ditabrak sama cowok yang gue ga tau siapa. Lutut gue lecet parah! Dari pada ntar gue ngomelin dia, mendingan gue cepetan bangun dan ninggalin tuh cowok sendirian.

“Woy cewek! Ruang Kepala Sekolah di mana?” teriaknya ke gue.

“Lo belok kanan aja! Ntar tanya ama anak lain kalo ga ngerti!” teriak gue balik.

Ga tau kenapa, tadi gue deg-degan pas tabrakan ama tuh anak. Anak baru deh tuh. Gue ga pernah ngeliat dia masalahnya. Bodo amat deh, gue langsung lari ke kelas gue. Setelah gue sampek, ternyata guru belom dateng. Gue bisa ngehela napas lega dan nyelonong masuk ke dalem kelas tanpa permisi. Gue taruh tas gue dan ngejatuhin badan gue di bangku sebelah Sivia. Gue sebangku sama Sivia. Dia ngacangin gue! Dia lagi duduk ngadep belakang. Ngadep Alvin. Pacaran tuh mereka. Bikin gue envy aja.

“Pagi anak-anak.. ” sapa Bu Winda yang tau-tau udah nongol di depan kelas gue.

“Pagi bu.. ” jawab kami serempak, dengan malas sebenernya.

“Hari ini kalian kedatangan teman baru ya. Silahkan perkenalkan namamu” suruh Bu Winda kepada cowok, yang tadi nabrak gue sampek lecet-lecet gini!

“Hay, gue Cakka Kawekas Nuraga. Panggil Cakka aja. Pindahan dari Bandung” kata cowok itu dengan santainya, tebar pesona pula, dih!

“Sekarang kamu duduk di sebelah Alvin ya. Itu, cowok yang lagi senyum ke arah sini” ujar Bu Winda sambil nunjuk Alvin.

Cakka ngangguk dan Bu Winda kembali keluar dari kelas gue. Cakka jalan menuju bangku Alvin. Alvin sih harusnya duduk sama Ray, cuman Ray pindah ke Surabaya. Jadi deh Alvin duduk sendirian .Tapi sekarang dia dapet gantinya Ray, si cowok yang nabrak gue tadi. Dia duduk di belakang gue. Awas aje tuh! Bikin perhitungan gue ama dia! Dengan santainya, dia duduk di sebelah Alvin. Dia ngeluarin sebungkus permen karet dan ngunyah tuh permen. Ngiler gue, pengen permen karet juga.

“Eh, lo yang tadi nabrak gue sampek lutut gue lecet kan?!” tanya gue ke dia.

“Iye, kenape?” tanya dia balik.

“Tanggung jawab dong! Lecet parah nih lutut gue!” ujar gue dengan bersungut-sungut.

Dia langsung berdiri dan narik gue keluar kelas. Mana ga pake izin ke ketua kelas dulu! Resek kuadrat nih anak baru! Dia terus narik gue dan, anehnya, gue sama sekali ga protes. Gue bego kali ya? Dia narik gue ke UKS. Gue duduk di salah satu sofa di UKS dan dia ngambil kotak P3K. Dia ngobatin lutut gue yang tadi lecet-lecet dengan santainya. Ga ngehirauin gue yang kesakitan. Tega!

“Woy! Sakit bego!” amuk gue pada akhirnya.

“Cerewet lu!” responsya datar.

“Eh, nama lo siapa?” tanyanya setelah selesai ngobatin lecet di lutut gue.

“Oik, ngapain nanya nama gue segala?” tanya gue ketus.

“Cuman mau bilang.. I love you” kata Cakka sambil membereskan kotak P3K.

What? Maksudnya? Baru juga ketemu sejam yang lalu dan kenal setengah jam yang lalu, eh sekarang udah berani bilang ‘I love you’ segala! Nih cowok punya hati ga sih?! Atau jangan-jangan, dia ngelakuin itu ke semua cewek yang baru dia kenal? What the hell banget! Oke, kalo dia emang beneran sayang sama gue (Gue bilang sayang aja ya, bukan cinta. Jijik gue kalo denger tuh kata!), gue maunya dia ngebuktiin perasaannya! Bukan dengan bilang ‘three magic words’ tadi. Percuma aja kalo dia bilang kayak gitu tapi dia ga pernah nunjukkin. Gue lebih ngehargain kalo dia terang-terangan nunjukkin kalo dia sayang sama gue. Terserah. Mau dia perhatian sama gue, apa pun! Yang jelas, ga cuman omong doang!

^^^

It's not that I want you not to say

But if you only knew how easy

It would be to show me how you feel..


Gue langsung berdiri dan ninggalin dia gitu aja di UKS dengan kaki yang rada sakit karena tabrakan ama dia tadi. Mungkin dia sadar kalo gue ninggalin dia. Baru beberapa meter gue pergi dari UKS, dia udah ngejer gue. Dia nyejajarin langkahnya dengan langkah gue. Dia berusaha nahan gue buat ga pergi dulu. Dia pasti mau ngomongin soal yang tadi. Gue harap dia bilang kalo tadi dia cuman bercanda. Karena gue ga mau. Ga mau deket-deket sama dia. Orang yang cuman omong doang dan ga bisa nunjukkin perasaannya! Lagi pula, kalo dia bilang dia itu love at first sight sama gue mungkin gue juga bakalan rada ga percaya. Dari dulu gue emang rada ga percaya sama yang gituan.

“Kenapa lo ninggalin gua?” tanyanya sambil nahan tangan gue.

Gue kibasin tangan dia dengan kasar, mata gue natap dia tajem, “Maksud lo tadi apa?”

“Tadi? Gue bilang I love you!” serunya dengan keras.

Gila nih cowok! Baru ketemu aja udah ngomong gini! Untung aja koridor lagi sepi. Coba aja kalo lahi rame, pasti malu dong gue. Dia tetep aja nyoba buat nahan tangan gue. Gue nyerah. Gue biarin dia tetep nahan tangan gue untuk saat ini. Dia ngeliat gue. Dalem. Terakhir gue diliat kayak gitu pas gue masih sama.. Alvin. Jujur, Alvin itu mantan gue. Tapi gue sengaja ga bilang ini ke Via. Gue takut dia ngambek. Apa lagi, gue sama Alvin juga udah lama. Sekitar dua tahun yang lalu. Untuk beberapa menit, kita diem. Cuman mata kita yang saling natap. Ga tau kenapa, gue nyaman ada di deket dia. Senyaman waktu gue ada di deket Alvin. Dulu.

“Kenapa diem?” tanya Cakka.

“Nothing. Udah ya, gue mau balik ke kelas” pamit gue, gue langsung lari ninggalin dia.

“Tunggu! Gue perlu ngomong sama lo!” teriaknya sambil ngejer gue (lagi).

Sekarang dia ga bisa ngejer gue. Gue udah sampek di depan kelas dan gue yakin, dia ga bakalan berani ngejer gue lagi. Gue langsung duduk di sebelah Via dan Cakka duduk di belakang gue. Kelas masih sama kayak tadi, ga ada gurunya. Guru-guru pasti lagi rapat deh. Semua kelas juga ga ada gurunya masalahnya. Gue denger kalo Cakka lagi ngomongin sesuatu sama Alvin. Bisik-bisik dan ga mau kalo ada yang denger. Terserah mereka. Gue udah bukan siapa-siapa Alvin dan gue emang bukan siapa-siapa Cakka. Gue ngelanjutin ngobrol sama Via.

Bel istirahat baru aja bunyi. Gue dan Via langsung ke kantin. Alvin dan Cakka tetep di kelas. Bisik-bisik kayak tadi. Gue pesen makanan dan langsung bawa tuh makanan ke meja gue sama Via. Udah ada Alvin dan Cakka di sana. Via duduk di sebelah Alvin. Otomatis, gue kudu duduk di sebelah Cakka. Gue langsung makan makanan gue. Cakka tetep aja ngeliatin. Demi apapun, gue ga suka diliatin mulu kayak gini. Gue taruh sendok sama garpu gue. Gue duduk ngadep Cakka.

“Mau lo apa sih? Ngeliatin gue mulu dari tadi!” tanya gue to the point.

“Kan gue udah bilang dua kali. Lo masih ga percaya?” tanyanya balik.

“Gue cuman pengen lo buktiin dulu kalo ucapan lo beneran. Gue pengen lo tau gimana susahnya dapetin apa yang lo mau. Gue pengen lo ngerasain gimana ga gampangnya ngedapetin gue. Gue pengen lo nunjukkin bener-bener perasaan lo ke gue” jawab gue panjang lebar.

“Oke! Gue bakal usaha buat bikin lo percaya! Asal lo tau, gue bukan tipe cowok yang cuman omong doang” kata Cakka.

Besar juga nyalinya dia buat bilang kalo dia sayang sama gue. Dia bilang di depan Alvin dan Via. Gue yakin, Alvin sama Via pasti kaget juga sama pengakuan anak baru itu. Mereka aja kaget, apa lagi gue?! Gue harap, dia bener-bener bakalan bikin gue percaya kalo dia beneran jatuh buat gue. Jatuh dan susah buat bangkit lagi. Karena jujur, gue juga sayang sama dia. Gue pengen dia nunjukkin dulu perasaannya, baru gue kasih kepastian. Mungkin ini yang harus buat gue percaya sama love at first sight.

^^^

More than words is all you have to do to make it real

Then you wouldn't have to say that you love me

Cos I'd already know..



Bel masuk baru aja bunyi. Kita berempat langsung balik ke kelas bareng-bareng. Gue tarik tangan Via buat jalan bareng gue, ngedahuluin si Alvin sama Cakka. Gue pengen liat reaksi Cakka. Setelah gue tarik tangan Via, gue noleh ke belakang. Si Cakka lagi cemberut ga jelas. Makin keliatan tuh kalo pipinya chubby. Lucu banget! Haha.. Biarin deh. Mau ngetes doang ini. Ntar kalo gue udah beneran yakin sama perasaannya dia ke gue, baru gue bakal kasih kepastian. Setelah sampek di kelas, gue sama Via langsung duduk. Cakka sama Alvin ngikutin kita, mereka berdua duduk di belakang gue.

Ketua kelas gue baru aja masuk sambil senyum-senyum ga jelas. Dia langsung berdiri di depan kelas, “Minta perhatiannya sebentar!” kata dia sambil berdehem kecil, “Hari ini guru kita lagi sakit, jadinya kita dikasih tugas dan ngumpulinnya besok. Tugas kelompok. Satu kelompok lima orang. Ga boleh cewek semua atau cowok semua, kudu campur. Kita disuruh cari soal blablabla” lanjutnya. Sontak semua temen-temen gue langsung teriak kegirangan, termasuk gue juga sih sebenernya.

Yang pasti, gue bakalan sekelompok sama Via. Via pasti sekelompok sama Alvin. Alvin pasti sekelompok sama Cakka. Kurang satu orang lagi. Cowok aja deh. Sekalian aja pengen bikin Cakka ‘panas’, haha. Gue liat satu-persatu wajah temen gue. Mulai dari Kiki, Gabriel, Septian, Patton, Debo, Lintar, Rio, Ozy, dan.. Deva! Gue ngampirin Deva yang lagi duduk di tempatnya sambil ngedengerin lagu dari iPhone miliknya. Yes, dia belom dapet kelompok. Gue senyum tipis dan liat ke arah Cakka, dia lagi ngomel-ngomel ga jelas. Gue colek pundak Deva dan Deva nyopot headtsetnya. Dia noleh ke arah gue sambil pasang tampang bingung.

“Apaan?” tanya Deva sambil tetep pasang tampang bingung.

Gue toyor pelan kepala dia dan duduk di sampingnya karena temen sebangkunya udah dapet kelompok, “Lo ga cari kelompok? Oh, mau nilai kosong ya?” sindir gue.

“Maksudnya? Emang disuruh ngapain?” tanyanya balik sambil garuk-garuk kepala.

“Disuruh bikin kelompok. Ini tugas. Gurunya lagi ga masuk soalnya” jelas gue.

“Oh, terus gue sama siapa dong?” tanya Deva, dia nunjuk wajahnya sendiri. Sumpah lucu!

“Sama gue mau ga? Tuh, sama Via, Alvin, Cakka juga” tawar gue sambil senyum penuh arti.

Deva ngangguk dan gue langsung tarik tangannya buat ngampirin Via, Alvin, sama Cakka. Gue ambilin kursi buat Deva, gue suruh Deva duduk tepat di sebelah gue. Gue lihat si Cakka lagi kipas-kipas pake bukunya. Berasa panas pasti tuh anak. Gue menyeringai lebar liat reaksi Cakka. Mulai awal diskusi, gue tetep deket sama Deva dan Cakka tetep ngedumel sendiri. Sampek akhirnya si Cakka ngegebrak meja dan pergi gitu aja ninggalin kelas. Gue sempet bingung sama sikap dia barusan. Alvin sama Via ngedorong gue buat ngejer si Cakka. Ya udah deh, gue langsung kejer dia keluar kelas.

Gue lari-lari nyusurin koridor di sekolah gue cuman buat nyari Cakka. Padahal gue tau kalo sekarang itu masih waktunya pelajaran. Semoga ga ada guru yang liat gue. Di koridor deket taman, gue liat Cakka. Gue langsung lari lagi buat ngejer dia. Dia duduk di bangku taman sambil nutup wajahnya pake telapak tangan. Pelan-pelan, gue duduk di sampingnya. Lama kita diem-dieman. Dia masih belom sadar juga kalo ada gue di sampingnya. Emang dasar dia ga peka kali ya. Akhirnya gue dehem kecil buat bikin Cakka ngeh kalo ada gue di situ. Akhirnya Cakka sadar. Dia ngebuka telapak tangannya dan noleh ke gue. Wajahnya kusut banget.

Dia ngadepin badannya ke arah gue. Pelan-pelan, dia pegang kedua pipi gue dan natep gue. Dalem. God, gue jatuh di matanya. Gue ga ngerti gimana kacaunya wajah gue sekarang. Pasti pipi gue udah merah banget. Gue bisa liat kalo dia bener-bener sayang sama gue. Ga keliatan ada kebohongan sedikit pun dari kedua matanya. Baru kali ini gue sedeket ini sama cowok. Waktu gue sama Alvin, kita ga sedeket ini. Palingan cuman jalan bareng. Sekarang? Cakka bukan siapa-siapa gue tapi kita udah sedeket ini. Gue nyaman ada di deketnya. Waktu serasa berhenti sekarang.

“Udah percaya kalo gue beneran sayang sama lo?” tanya Cakka tanpa ngerubah posisi kita sedikit pun.

Gue senyum. Gue ga ngasih jawaban apa-apa sama dia. Gue emang yakin kalo dia beneran sayang sama gue. Tapi gue belom yakin kalo gue juga sayang sama dia. Takutnya, gue cuman jadiin dia sebagai pelampiasan gue ke Alvin. Gue ga mau bikin dia sakit hati. Gue bakalan ngelakuoin sesuatu buat ngeyakinin kalo gue juga sayang sama dia. Maaf kalo ini bakalan bikin lo sakit, Cakka. Tapi kalo emang akhirnya gue juga sayang sama lo, kita bakalan happy ending kok. Lo tenang aja. Tunggu tanggal mainnya.

^^^

What would you do if my heart was torn in two ?

More than words to show you feel that your love for me is real..



Ga kerasa, udah sekitar sebulan Cakka jadi temen baru gue. Dan udah sebulan juga gue deket sama Cakka. Dia makin nunjukkin perasaannya ke gue lewat perilakunya. Mulai dari nganter-jemput gue sekolah, ngejenguk gue waktu gue sakit, nemenin gue jalan-jalan ke mana pun gue mau, setia nungguin gue sampek gue selesai ekskul. Buat gue, itu semua udah cukup nunjukkin perasaannya sama gue. Dan sekarang, waktunya gue buat ngeyakinin perasaan gue ke dia.

Pagi ini, seperti biasa, Cakka jemput gue buat berangkat bareng ke sekolah. Di jalan, gue terus-terusan ngomongin soal Deva. Gue lirik ekspresi dia lewat kaca spion, wajahnya ga enak banget buat diliat. Dia jealous kali ya gara-gara gue ngomongin soal Deva mulu. Gue bilang ke Cakka kalo Deva itu pinter, jago bahasa asing, pinter tari Bali, keren, baik, ramah, dan sebagainya. Harusnya sih dia bisa jealous gitu. Waktu gue cerita tentang Deva, dia nanggepinnya ogah-ogahan. Rada sebel juga sih. Tapi mau gimana lagi? Kalo ga gini kan ya ga bisa ngeyakinin.

Setelah sampek di sekolah, gue langsung ngibrit ninggalin Cakka yang masih belibet sama motornya. Gue lari ke arah kelas gue dan Cakka. Gue taruh tas gue, langsung gue hampirin Deva yang masih sendirian. Cakka masuk kelas waktu gue lagi ngobrol asyik sama Deva. Dia melengos gitu aja waktu liat gue sama Deva. Keliatan banget deh kalo dia dongkol. Gue terus ngobrol sama Deva sampek bel pertanda pelajaran mulai bunyi. Itu pun, Deva yang nyuruh gue buat balik ke tempat gue. Kalo ga gitu, munkin gue bakalan terus ngobrol sama Deva sampek pulang deh.

The game began. Mulai tadi pagi gue terus nunjukkin ke Cakka kalo gue ‘tertarik’ sama Deva. Wajahnya merah banget waktu itu. Jealous atau apalah namanya itu. Seharian ini, gue terus bikin Cakka sebel sama gue dengan cara deket-deket sama Deva. Gue pengen liat gimana dia waktu marah. Logikanya, kalo dia marah sama orang yang dia sayang, dia ga bakalan serem-serem amat. Kita liat aja ntar. Istirahat baru aja dimulai sekitar beberapa menit yang lalu. Ponsel gue geter, langsung aja gue liat. Ada SMS dari Cakka. Dia pengen gue ke taman deket Laboratorium Biologi sekarang. Sendirian, ga ngajak siapa pun. Ga pake lama, gue langsung ke sana sambil jalan cepet. Gue ga mau Cakka nunggu gue.

Setelah sampek di sana, ternyata Cakka lagi duduk di atas rerumputan. Dia duduk di bawah pohon yang lumayan rindang. Gue langsung nyamperin dia dan duduk manis di sebelahnya. Dia lagi nutup matanya sambil ngehirup udara pelan-pelan. Gue takut kalo dia ga bakalan buka matanya lagi. Gue langsung nyenggol pelan lengannya. Akhirnya dia buka kedua matanya dan liat gue. Dia senyum. Tapi senyumnya ga kayak biasa. Senyum dia kali ini nunjukkin kalo dia lagi sedih.

“Ngapain nyuruh gue ke sini?” tanya gue pelan.

“Pengen ngomong aja.. ” gumamnya, kembali menatap lurus ke depan.

Kita diem-dieman lagi. Gue lebih tertarik buat mainin rumput-rumput yang sekarang lagi gue dudukin dan Cakka lebih tertarik buat ngeliat kolam ikan yang ada di depan kita. Dia senyum liat kolam ikan. Ga tau kenapa. Mungkin dia punya memori yang indah dan menyangkut tentang kolam ikan itu. Memori indah. Gue harap, gue bisa bikin berjuta-juta memori indah itu sama Cakka. Gue dan Cakka. Cuman kita berdua . Ga mau ada orang lain. Keluarga atau sahabat gue sekali pun.

“Lo tau, gue bakalan tetep sayang sama lo. Apapun keadaannya. Apapun. Meskipun lo lebih milih Deva dari pada gue. Gue ngerti kok. Emang ga bisa dipaksain. Pilih yang emang terbaik buat lo” ujar Cakka sambil memejamkan matanya lagi.

Gue senderin kepala gue di bahunya. Siang itu, gue beneran ngerasa nyaman ada di deket Cakka. Pohon itu, rumput itu, semuanya.. Jadi saksi bisu antara gue dan Cakka. Bel masuk udah bunyi dari lima menit yang lalu. Gue dan Cakka masih tetep di sini, dengan posisi yang sama seperti tadi. Gue harap, waktu bisa berhenti saat ini juga. Mungkin ini adalah momen terindah dalam hidup gue. Bisa di sini, sama orang yang gue sayang. Dulu gue ga pernah kayak gini sama Alvin. Sama orang tua gue juga. Mereka berdua sibuk sama kerjaannya masing-masing. Ayah dengan segala projectnya dan bunda dengan klinik yang dia kelola.

^^^

What would you say if I took those words away ?

Then you couldn't make things new..



Sekarang udah waktunya bubaran sekolah. Gue sama Cakka masih di sini. Gue sempet ketiduran malah. Untung ga ada guru yang seliweran di sini. Bisa disangka ngapa-ngapain nih kalo ketauan cuman berdua di taman. Gue masih ngantuk. Pengen tidur lagi. Baru aja gue mau tidur lagi, Cakka udah gerak-gerak ga jelas. Eh, dia tidur juga. Lucu banget sih kalo lagi tidur?! Unyu banget deh. Gue senyum-senyum sendiri ngeliat si Cakka lagi tidur. Gue ngelirik jam tangan gue. Udah jam tiga sore! Mampus!

“Cakka! Cak! Cakka! Bangun dong!” kata gue sambil ngegoyang-goyangin badannya.

“Hmm.. ” respon Cakka, dia nguap sebentar dan bangun juga.

“Anterin gue pulang” rengek gue, udah mirip anak kecil nih pasti.

“Pulang? Emang udah jam berapa sih?” tanya Cakka linglung.

“Udah jam tiga! Kita ketiduran di sini! Ayo pulang.. ” ajak gue.

Gue langsung tarik tangan Cakka. Kita ambil tas dulu di kelas. Kelas udah sepi banget. Ga ada seorang pun di sana. Gue cepet-cepet ngeberesin barang gue dan ngampirin Cakka yang masih ribet ngeberesin barangnya. Gue bantuin dia. Ga sengaja, tangan kita nyentuh buku yang sama. Sinetron banget deh. Gue salting banget. Si Cakka wajahnya merah juga tuh. Lucu! Haha. Setelah selesai ngeberesin barang, kita langsung ke parkiran buat ngambil motor Cakka. Cakka nganterin gue pulang seperti biasa.

Kita udah sampek di rumah gue. Gue langsung turun dari boncengan motor Cakka dan ngelepas helm. Gue balikkin helm itu ke Cakka. Cakka matiin mesin motornya dan ngadepin badannya ke gue. Mau ngapain? Dia terus ngeliat gue. Gue ga ngerti dia mau ngapain. Oke, jantung gue udah lompat ke mana-mana. Mama, help me! Gue meleleh ngeliat Cakka kayak gini. Ayolah, somebody, help me! Bisa mampus melting kalo kayak gini caranya. Dia betah banget pula ngeliatin gua. Cakka, stop dong! Dan sayangnya, gue ga bisa ngomong. Udah hampir ngomong tapi ternyata.. Ga bisa keluar suara. Speechless.

“I love you.. ” katanya sambil megang kedua tangan gue.

Huah! Mama, Oik meleleh! Ga pake lama, gue langsung ngelepas tangan Cakka dari tangan gue dan gue lari ninggalin dia. Gue ga mau dia liat gimana ekspresi gue tadi. Swear, melting parah! Tuhan, dia anugerah terindah yang pernah gue milikki. Gue langsung lari ke kamar gue dan nutup pintunya. Gue rebahan di atas kasur dengan posisi telentang. Gue denger deru motor Cakka mulai ngejauh dari rumah gue. Dia pulang. Gue pengen bilang ‘i love you too’ tapi rasanya susah banget !Bener kata orang-orang ya, orang yang kita sayang emang jago banget bikin kita speechless. Kayak Cakka ya.

Baru aja gue mau masuk ke alam mimpi gue, tiba-tiba ada yang nyelonong gitu aja masuk ke kamar gue. Gue langsung bangun dan ngeliat siapa yang dateng tadi. Seorang cewek, manis. Dia lagi berdiri di ambang pintu kamar gue sambil pasang cengiran lebarnya. Gue suruh dia masuk dan duduk di samping gue. Dia Acha, tetangga gue sekaligus temen main gue sejak kecil. Dia sohib gue banget deh pokoknya. Tapi Via juga sohib gue kok. Intinya, dua-duanya adalah sohib gue. Sohib gue sampek mampus.

“Ngapain, Cha?” tanya gue, kembali rebahan di kasur.

Acha ngikutin gue rebahan. Dia rebahan tepat di samping kanan gue, “Ik, yang tadi nganterin lo itu namanya siapa sih?” tanyanya dengan wajah memerah.

“Itu.. Cakka” jawab gue ragu.

“Oh, cakep ya! Lo bisa ga bantuin gue buat deket sama dia?” tanyanya, ga ada beban.

Acha? Tetangga gue sekaligus sohib gue? Minta gue buat ngedeketin dia sama siapa? Cakka? Cakka anak baru di sekolah gue? Anak baru di kelas gue? Dan.. Penghuni baru hati gue? Oke, gue dilema sekarang. Acha itu sohib gue dan Cakka itu orang yang gue sayang. Jauh di dalam lubuk hati gue, gue pengen nolak permintaan Acha karena.. Ya, gue sayang sama Cakka! Tapi, mau gimana lagi? Kayaknya gue emang kudu nerima permintaan Acha. Dengan berat hati. Gimanapun juga, dia orang yang berjasa dalam hidup gue. Dia yang nemenin gue di rumah, dia yang ada saat gue butuh (sebelum Cakka muncul dihidup gue), dan.. Dia dulu yang ngebantu gue buat deket dan jadian sama Alvin.

“Oik? Jadi gimana?” tanyanya ke gue.

Gue mengangguk lesu, “Iya.. ” jawab gue dengan nyembunyiin wajah menyesal gue.

“Sip! Thanks!” serunya girang, dia langsung ngacir ninggalin gue gitu aja. Fine!

^^^

Just by saying I love you

More than words

Now I've tried to talk to you and make you understand..


Penggalan percakapan gue dan Acha di atas udah terjadi sekitar sebulan yang lalu. Dan selama sebulan ini, gue menjauh dari Cakka. Gue ga bisa ngingkarin janji gue ke Acha. Gue nyesel setengah mampus karena udah ngejauhin Cakka. Why? Pertama, Cakka juga ngejauh dari gue. Dia keliatan udah ga perduli lagi sama gue. Gue pengen teriak kenceng di kupingnya dan bilang kalo gue sayang sama dia. Kita jadian dan semua beres. Semua? Ga! Itu bakalan bikin Acha -yang dulu- sedih. Kedua, gue udah ada komitmen sama Acha kalo gue bakalan deketin mereka berdua. Selama sebulan ini, usaha gue berhasil. Mereka berdua keliatan deket. Mereka berdua keliatan cocok. Gue cuman bisa senyum miris waktu ngawasin mereka berdua dinner di salah satu cafe daerah Tebet, dua minggu yang lalu.

Kalian tau apa alasan utama yang bikin gue nyesel setengah mampus? Dengan polosnya, kemarin malem Acha bilang ke gue kalo dia udah jadian! Jadian! Bukan sama Cakka, tapi sama Ozy! Kebayang ga gimana nyeseknya jadi gue? Gue udah rela berkorban buat dia dan dia -dengan gampangnya- ngancurin semua pengorbanan gue! Ngancurin semua pengorbanan gue! Mulai dari pengorbanan waktu, pengorbanan biaya, dan –yang paling penting- pengorbanan perasaan! Gue kudu jelasin semuanya ke Cakka. Gue ga mau dia makin ngejauh dari gue. Selama sebulan ini, hidup gue kerasa hitam-putih doang karena ga ada dia. Ga ada dia yang dulu selalu ngasih berbagai macam warna di hidup gue. Sekarang gue lagi di koridor sekolah, gue ngelangkahin kaki cepet-cepet biar sampek di kelas.

Setelah sampek di kelas, gue langsung taruh tas gue dan nyeret Cakka ke taman sekolah. Taman yang udah pernah bikin gue deket banget sama Cakka. God, memori itu keputer lagi di otak gue. Gue kangen Cakka! Gue pengen dia jadi Cakka yang dulu. Caka yang selalu ada buat gue, Cakka yang kasih semua perhatiannya ke gue, Cakka yang bakalan minjemin bahunya waktu gue butuh topangan, dan.. Cakka yang gue sayang, Cakka yang sayang gue. Gue terus tarik dia ke taman. Gue dan dia duduk di bawah pohon. Pohon yang sama seperti waktu itu. Dengan lancarnya, memori itu terus terputar di benak gue. Gue sadar, gue salah karena udah ngejauh dari dia. Tuhan, masih kasih hambamu ini waktu buat perbaikin semuanya kan? Semoga..

“Kenapa?” tanyanya dingin.

“Aku.. Aku.. Pengen minta maaf” jawab gue, aku-kamu? Oh yeah!

“Minta maaf? Soal?” tanyanya lagi, gue berasa dikacangin sama dia.

“Soal aku yang ngejauh dari kamu.. ” ujarku lirih, gue ga berani liat reaksi dia.

“Kamu tau ga sih kalo itu bikin aku bingung?! Hari sebelumnya kan kita deket banget! Dan setelah itu, kamu ngejauhin aku! Tanpa alasan!” serunya dengan nada meninggi.

“Maaf. Itu bukan aku yang mau” gumamku, jangan sampek gue nangis di depan dia!

“Terus? Kalo bukan kamu? Siapa?! Alvin? Sivia? Ga mungkin!” selanya.

“Emang bukan mereka. Tapi.. ” jawabku, menggantung.

Dia natap gue. Posisinya? Dia seakan berlutut di hadapan gue. Dia pegang pipi gue. Untung, gue udah ngapus air mata gue sebelumnya. Pelan-pelan gue natap dia, “Siapa?” tanyanya, kali ini dengan nada lembut.

“Acha.. ” lirih gue.

Dia mendengus kesal. Akhirnya gue jelasin semuanya ke dia. Untung aja dia mau ngertiin. Gue bersyukur karena Tuhan udah ngirim dia buat gue. Bel tanda masuk menghentikan obrolan kami. Kita langsung berdiri. Dia ngapus air mata gue dan ngegandeng gue ke kelas. Guru belom dateng. Kita berdua patut menghela napas lega. Gue duduk di samping Via dan Cakka duduk di samping Alvin. Hari ini, gue bisa tersenyum lega. Gue udah nemuin Cakka yang dulu. Gue mau, Cakka akan tetep kayak gini. Sekarang, besok, seminggu lagi, sebulan lagi, setahun lagi, dan selamanya. Thanks..

^^^

All you have to do is close your eyes

And just reach out your hands and touch me..



Setelah bel pulang bunyi, gue dan Cakka langsung cabut. Kita ke rumah gue. Ga sampek setengah jam, kita udah sampek di rumah gue. Rumah gue lagi sepi. Ralat! Rumah gue selalu sepi! Cakka markirin motornya di halaman dan kita masuk ke dalem. Gue suruh Cakka tunggu sebentar. Gue masuk ke kamar dan ganti baju. Gue balik nemuin Cakka dengan memakai T-Shirt dan celana jeans selutut. Gue geret dia ke taman belakang rumah gue. Kita berdua perlu ngomong. Gue ga mau kita ngomongin di sekolah karena kalo kita ngomongin di sekolah, takutnya ada yang nguping. Gue ga mau itu. Maka dari itu, gue ngajak dia ke rumah gue. Rumah gue kan sepi. So, ga bakalan ada yang nguping dan ngeganggu obrolan kita.

Gue dan Cakka duduk di rerumputan. Kita mandang langit. Sejenak, gue dan dia ngobrol-ngobrol ga penting. Sampek akhirnya, kita ngobrol beneran. Dia berdiri. Dia juga nyuruh gue buat berdiri. Gue berdiri. Kita adep-adepan. Dia senyum liat gue. Oke, dandanan gue mungkin lagi aneh. Bodo amat. Yang liat kan cuman dia, ga ada orang lain kan di sini?! Hehe. Huah, dengan diliatin Cakka kayak gini aja gue udah melting. Ckck. Dia emang jago bikin gue melting. Kadang-kadang gue mikir kenapa gue bisa segininya sama dia. Sampek gue mikir mentok juga gue ga dapet jawabannya. Gue yang bego kali ya?

Dia meluk gue. Kenceng banget meluknya. Gue bisa denger deru napasnya, gue bisa cium aroma parfumnya, dan gue bisa denger detak jantungnya. Persis sama jantung gue, jantung kita sama-sama lagi lompat-lompat. Dia ngelepasin pelukannya. Gue ngalihin pandangan gue ke bawah, berusaha nyembunyiin luapan perasaan gue. Dan usaha gue gagal. Dia udah keburu ngangkat wajah gue dengan jarinya. Tapi untungnya, dia megang pipi gue. Bisa nyembunyiin rona pipi gue walaupun dikit. Dengan begitu, dia ga bakalan liat terlalu jelas kalo ada warna merah di pipi gue. Gue pengen waktu berhenti sekarang. Biarin gue dan Cakka kayak gini, selamanya.

Gue ambil iPod yang gue taruh di saku celana gue. Gue pasang headset. Satu di kuping Cakka dan satu di kuping gue. Sejenak, gue liat-liat list lagu yang ada. Pilihan gue terantuk pada lagu favorit gue. Emang lagu lama sih, tapi keren. Lirik lagunya ngena banget. Gue puter tuh lagu. More than words. Alunan lagu itu terdengar di kuping gue dan Cakka. Hmm.. Lagunya bagus. Gue tutup mata gue, berusaha ngedalemin lagi itu. Cakka juga. Kita nyanyi bareng tapi dengan suara yang ga begitu keras. Dia pegang tangan gue, dua-duanya. Oke, gue melting lagi. Udah berapa kali gue melting? Ga keitung sangking banyaknya.

Hold me close don't ever let me go, more than words is all I ever needed you to show.. ” ucap gue dan Cakka berbarengan ketika lagu itu hampir selesai.

Setelah lagu itu habis, kita berdua ngebuka mata barengan. Kita duduk lagi di rerumputan. Gue ngebaringin tubuh gue di situ. Adem deh. Gue liat ke atas. Langit sore ini cerah banget. Gue pernah bilang kan kalo gue bakalan bikin memori indah sama Cakka? Gue udah nepatin ucapan gue. Hari ini, gue udah bikin memori itu. Dan gue jamin, memori itu bakalan terus nempel di otak gue. Ga bakalan gue lupain sampek kapanpun. Dan Cakka, gue harap dia juga gitu.

^^^

Then you wouldn't have to say that you love me

Cos I'd already know..


Karena hari udah hampir malem, Cakka ngajak gue buat masuk ke dalem. Sebenernya sih gue masih pengen di sini, ngeliat bintang bareng Cakka. Tapi ga dibolehin sama Cakka. Dia takut gue masuk angin karena angin malem ini emang kenceng banget. Kita duduk di sofa ruang tengah. Gue nyalain TV, tapi dengan volume kecil. Gue masih pengen ngobrol sama dia. Maruk ya gue? Udah dari tadi gue ngobrol sama dia tapi gue masih aja pengen ngobrol lagi. Tau ah. Suasana mendadak jadi sepi. Kita sibuk sama pikiran masing-masing. Gue ga ngerti Cakka lagi mikirin apa. Jangan sampek dia mikir kalo dia bakalan ninggalin gue. Jangan sampek. Amit-amit.

“Kok diem aja?” tanya gue, memecah keheningan.

“Lagi bingung aja.. ” gumamnya sambil noleh ke arah gue.

“Bingung apa?” tanya gue lagi, Cakka ngomongin apa sih?

Cakka ngehela napasnya pelan. Dan dengan pelan-pelan juga, dia ngadepin tubuhnya ke gue. Untuk yang kesekian kalinya, kita adep-adepan kayak gini. Walaupun udah sering, gue tetep aja deg-degan kalo lagi kayak gini sama Cakka. Dan untuk yang kesekian kalinya juga, dia megang kedua pipi gue. Pipi gue memerah untuk yang ke-sekian ratus kalinya. Dia liat mata gue, “I love-” belom sempet dia nyelesaiin kalimatnya, gue udah keburu nempelin jari telunjuk gue di bibirnya. Seulas senyum terukir di bibir gue dan dia.

“Aku kan udah pernah bilang kalo aku cuman butuh bukti.. ” bisik gue.

Dia ngangguk, “Iya.. Aku udah ngebuktiin kan? Masih kurang?” tanyanya ke gue.

Gue taruh tangan gue di pipinya, “Bukti yang kamu kasih udah cukup. Lebih dari cukup malahan” balas gue, dia senyumin gue balik.

“Tapi, buat kali ini, aku pengen ngebuktiin kalo aku beneran sayang sama kamu” ujarnya.

“Apa lagi?” tanya gue pelan.

Dia ngedeketin bibirnya ke gue. Dan.. Satu ciuman manis mendarat di kening gue. Kita juga ga bakal kissing kok, kita ngerti batasan buat anak SMA. Dia nyium kening gue! Gue berasa terbang tinggi ke langit, langit ke tujuh. Dia bikin gue ngefly. Berapa lama dia nyium kening gue? Sekitar lima menit. Huah! Setelah dia selesai nyium gue, dia senyum ke gue dan dia rangkul gue dari samping. Malem ini, gue berasa lagi di surga. Bareng Cakka.

“Buat sekarang, izinin aku bilang kalo aku sayang sama kamu” katanya sambil tetep meluk gue erat.

“Dari dulu aku pengen bilang ke kamu kalo.. ” ujarku menggantung, Cakka liat gue.

“Kalo apa?” tanyanya penasaran.

“Kalo aku juga sayang sama kamu.. ” gumam gue malu-malu.

“Ga perlu kamu ngomong itu pun, aku udah tau kalo kamu sayang aku” celetuk Cakka.

Cos I’d already know.. ” seru kita berbarengan.
Always together forever.. Gue sama Cakka. Cuman berharap kalo quote tadi juga berlaku buat gue dan Cakka..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Caikers Family Official Blog. Design By: SkinCorner