Jumat, 18 Maret 2011

MENANTI SEBUAH JAWABAN (Cerpen by febiALVZ)

Aku tak bisa luluhkan hatimu
Dan aku tak bisa menyentuh cintamu

 
“apaan sih? Lo mau apa lagi, gak bosen apa ya deketin gue mulu?” kata perempuan cantik itu kasar sambil menolak lengan cowo tampan yang berusaha meraih lengannya.
 
“gue gaakan bosen, gaakan perna bosen, gue yakin bisa buat lo lu…”
 
“APA? BUAT GUE APA? BUAT NYAKITIN GUE!?” teriak cewe itu sambil menunjuk cowo itu tepat di hidungnya.
 
“maksud lo apa? Nyakitin lo?”
 
“udahlah, lupain! Gue minta sama lo, minta banget… jauhi gue!” pinta cewe itu memelas, air matanya mulai menumpuk di matanya.
 
Tanpa memedulikan perasaan cowo yang ada di hadapannya, dia pergi begitu saja.
 
“gue tuh sayang sama lo, kenapa lo gaperna bisa ngertiii!?” teriak cowo itu kalap
 
***
 
Seiring jejak kakiku bergetar
Aku tlah terpaku oleh cintamu

 
“Kka, kenapa sih, Oik lagi?” sentak cowo cakep bernama Deva yang tak lain tak bukan adalah sahabat cowok bernama Cakka yang tengah termenung sambil memandang langit siang itu.
 
Cakka menoleh sekitar 1 detik ke Deva kemudian mengangguk dan kembali termenung.
 
“sampai kapan sih lo kayak gini? Kan udah jelas Oik itu ng.. gak nerima elo Kka, gimanapun juga, coba ngertilah,” kata Deva sambil menepuk-nepuk bahu Cakka.
 
Cakka menghela nafas berat, “masalahnya Dev, hati gue gak mau. Hati gue bilang, Oik juga suka sama gue, cuma ada satu alasan yang buat dia selalu nolak cinta gue,” tegas Cakka
 
“ng.. mungkin kejadian di masa lalu kali yang buat Oik benci sama lo?” Tanya Deva
 
Cakka menautkan alisnya, “masa lalu? Bego deh lo Dev, gue kan kenal Oik di SMA, mana mungkin dia masa lalu gue,” Cakka keheranan
 
“haha, entahlah Kka, yang jelas kalo jodoh itu, nanti datang sendiri ko,”
 
“ya, gue juga tau. Yang jelas gue gak akan menyerah,”
 
“hey Cakka, hay Deva,” seorang laki-laki yang memiliki senyum bak malaikat (?) datang menghampiri Cakka dan Deva.
 
“apaan sih Zy? Datang-datang langsung aja nempel ama geu, suka ya? Bilang aja!!” sungut Deva sambil mendorong Ozy yang duduk sangat dekat dengannya.
 
Ozy nyengir lebar, “apade lo Dep, gue bawa kabar nih Kka, buat lo!” kata Ozy berpaling ke Cakka.
 
Cakka memejamkan matanya, “kalo berita pertandingan basket lusa, gue gak mau denger,” cetus Cakka cuek.
 
“ahelah bukan itu Caksay,” uajr Ozy sambil mencubit pipi Cakka gemas.
 
Cakka membelai-belai (?) pipinya yang dicubit Ozy, “Ozy kenapa sih lo? Maho? Ish~” kata Cakka sebel
 
Ozy malah ngekeh dikatain begitu ama Cakka, Deva segera menjitak kepala Ozy cukup kencang, “lo mau bawa berita apaan? Malah ngegodain Cakka lagi, kasian amat ya si Acha –pacar Ozy- punya pacar rada maho kayak lo,”
 
“sialan lo Dep, yaudah deh ini gue kasi inpo, tentang Oik lho, Kka, beneran gamau denger?” goda Ozy sambil mencolek-colek dagu Cakka.
 
Cakka langsung terkesiap, mendadak dia menatap Ozy dalam-dalam, “berita buruk or baik?”
Ozy mendadak murung, “ng.. map ya bray, kali ini… cukup buruk,”
 
Deva langsung dagdigdug, maklum Cakka paling susah mengontrol emosinya.
Biasalah, anak seusia mereka kan emang labil.
 
Rahang Cakka mengeras, “apa Zy?”
 
Ozy gugup mendengar nada suara Cakka yang terkesan ingin “menelannya” .
 
“ng Kka, itulo.. si Oik….”
 
“apaa? Yang jelas!” tegas Cakka
 
“O..Oik jadian sama Alvin, Kka…”
 
Cakka terdiam sesaat, “lo serius?” tanyanya parau.
 
Ozy mengangguk pelan, “ya Kka, gue denget dari Keke, temennya Oik, dia nyuruh gue bilangin ini ke lo, supaya lo.. gak ganggu Oik lagi, maaf ya bray kalo beritanya nyakitin lo,”
 
Tanpa menjawab Cakka langsung pergi begitu saja dari hadapan Ozy dan Deva, mukanay merah karena menahan marah.
 
Ozy dan Deva bertatapan, “gimana nih?”
 
***
 
Menelusup hariku dengan harapan
Namun kau masih terdiam membisu

 
“Ik, sampai kapan lo bohongin diri lo sendiri kayak gini?” Tanya Keke pada Oik yang menunduk dalam-dalam disebelahnya.
 
Oik mendongak, “hhhh, maksud lo?”
 
“gausa pura-pura gak tau deh Ik, lo juga suka kan sama Cakka? Lo tega Ik, kenapa lo ngaku pacaran sama Alvin yang jelas-jelas sepupu lo. Lo ga mikirin perasaan Cakka, Ik? Pasti dia sakit, Oikk,” celetuk Keke sambil mengguncang lengan Oik pelan.
 
Oik menggeleng, setitik air mata keluar dari kedua kelopak matanya, “maafin gue Ke, tapi belum waktunya gue ngasi tau rahasia gue sama lo, bukan maksudnya gue nutupin, tapi… gue belum siap.” Tuturnya lemah
 
Keke memeluk Oik erat, “iya Ik gapapa, gue ngerti ko. Tapi lebih baik lo pertimbangin prinsip hidup lo untuk selalu menjauh dari Cakka,”
 
Oik hanya diam, diam membisu di pelukan Keke.

 
---

 
“Ik, kalo bole tau, kenapa sih lo minta gue pura-pura jadi pacar lo?” Tanya cowo berwajah oriental yang mengemudi di sebelah Oik, yang tak lain tak bukan adalah Alvin menanyakan hal itu.
 
Sudah 3 hari dia dan Oik, sepupunya, berpura-pura jadi sepasang kekasih.
 
“emang kenapa Vin? Lo keberatan?” Tanya Oik heran
 
“ng.. ngga sih Cuma ya Ik, gue kan.. ah gimana ya bilangnya..” mendadak Alvin gugup
 
Oik tersenyum tipis, “haha udah ada kecengan ya lo?”
 
Alvin terbelalak, “nah iya, ko lo tau sih?” Tanya Alvin innocent
 
“hahahaha ya taulah abisnya ga biasanya lo gugup, emang siapa sih? Siapa sih?” mendadak Oik penasaran.
 
Alvin salah tingkah, “ng apadeh lo Ik, rahasia dong,”
 
“yee parah amat sih lo, gue loncat dari mobil nih kalo lo gamau ngasi tau,” ancam Oik sambil bersiap-siap membuka pintu mobil.
 
“eheh jangan dong, ng i..i..iya gue kasi tau, tapi duduk manis ya Oik sayaaang?” bujuk Alvin gelagapan.
 
Oik tersenyum senang, “haha lo takut juga y ague mati, buktinya lo bujuk gue supaya ga loncat,”
 
Alvin manyun, “yee itumah karna gue takut dibunuh ama bonyok lo yang gak lain gak bukan tante dan om kandung gue (?).” kata Alvin sebel
 
“yeee, yaudah deh gausa muluk-muluk, siapa sih kecengan lo?”
 
“ng itu si Zevana, tau kaaan?” Tanya Alvin sambil nyengir, pandanganya masih terpusat pada jalanan di hadapannya.
 
“haha jeje toh, taulah, sobat gue itumah.”
 
“nah lo sendiri kenapa ga jawab pertanyaan gue, kenapa lo mendadak pengen kita pura-pura pacaran? Gue tau gue ganteng Ik, haha,” timpal Alvin
 
Oik menoyor kepala Alvin, “yee geer, itusih karna gue malas aja dideketin Cakka mulu,” sungut Oik
 
“eh ngomong-ngomong kenapa lo selalu nolak Cakka sih, Ik? Gue liat kayaknya lo suka deh sama dia,” Tanya Alvin sambil memberhentikan mobilnya, karna kini mobilnya sudah berhenti di depan rumah minimalis yang merupakan rumah Oik.
 
Oik terdiam, “itu bukan urusan lo, Vin…”
 
“apa ada hubunganya sama kondisi lo yang…”
 
“stop! Udah Vin gue benci bahas ini, makasi ya udah anterin gue, byee,” secepat kilat Oik keluar dari mobil Alvin.
 
Alvin membuka kaca mobilnya, “map ya Ik, gue gak maksud nyinggung perasaan lo,” kata Alvin mearsa bersalah,
 
Oik yang sudah membuka pagar tersenyum pedih, “y ague ngerti ko Vin,”
 
***
 
Sepenuhnya aku...ingin memelukmu
Mendekap penuh harapan...tuk mencintaimu

 
Oik merasa badannya sakit sekali hari ini, kepalnya berputar-putar.
 
“mama, Oik pulang,” sapa Oik begitu dia memasuki rumah.
 
“iya sayang, istirahat gih,” mamanya yang baru keluar dari dapur langsung menghampirinya.
Tiba-tiba Oik merasa kepalanya pusing sekali, langkahnay sempoyongan, dan…
 
“Oik, kamu gapapa sayang?” Tanya mamanya cemas sambil menahan badan Oik yang mendadak jatuh.
 
Oik berusaha berdiri, “engga apa-apa ko ma, hehe,”
 
“udah ke kamar gih, mama anterin ya?”
 
“ih mama kayak aku anak kecil deh, gausa, mama ke dapur aja lagi,” Oik berusaha menyakinkan mamanya.
 
“tapi Oik… sayang, kamu mimisan tuh,” kata mamanya kaget,
 
Oik kaget, dia meraba hidungnya, dan benar saja, percikan darah langsung mengenai jemari-jemari mungilnya.
 
Oik tersenyum getir, “haha ini mah bias amah, kayak mama gatau Oik aja deh,”
 
“Ik, udah deh, kamu opname aja ya sayang, penyakit kamu udha kambuh lagi,” paksa mamanya cemas
 
Oik menggeleng, “engga ma, aku masih kuat. aku gamau, aku ke kamar ya ma?” kata Oik lemahs ambil berlari menuju kamarnya.
 
BRAAAK! Oik membanting pintu kamarnya dengan kencang, kemudian menangis tersedu-sedu
 
“Tuhan, aku udah capek. Udah gak kuat,” isaknya, darah yang mengalir dari hidungnya semakin banyak,hingga baju seragamnya ternoda oleh darah.
 
Oik melirik seragamnya dan tersenyum getir, “Kka, alasan inilah yang buat aku menjauh dari kamu, cowo yang aku cinta! Aku sakit Kka, mungkin umurku udah gak lama. Aku gamau nyakitin kamu,” desis Oik pelan.
 
***
 
Setulusnya aku...akan terus menunggu
Menanti sebuah jawaban tuk memilikimu

 
Sore ini Cakka sedang men-dribble bola basket di lapangan sekolah, teman-temannya sedang latihan bersama, dia memilih latihan seorang diri.
 
Cakka sudah mendengar kalo Oik udah gak bersama Alvin lagi, buktinya Alvin udah pacaran sama Zevana sekarang.
 
Tapi tetap saja Cakka sakit hati, Oik masih sama seperti dulu, menjauhinya tanpa sebab.
 
Cakak tersentak saat sudut matanya menangkap sosok Oik sedang duduk di pinggir lapangan bersama Keke, tanap dikomando, kaki Cakka langsung melangkah kesana.
 
Oik tampak kaget mendapati Cakka berdiri dihadapannya,
“ng gue pergi dulu ya temanteman, byeee☺” Keke langsung melesat pergi begitiu saja.
 
Membuat Oik kebatkebit menghadapi Cakka, “mau apa lagi sih, lo?” Tanya Oik ketus
 
Cakka menghela nafas, “Ik. Apa sih salah gue???” Tanya Cakka heran
“pikir aja sendiri,”
 
“ayolah Ik, please jangan ketusin gue muluu, gue sayang sama lo, Ik!”
 
Oik terdiam, “tapi gue gak sayang sama lo,” tegas Oik gugup
 
“BOHONG!” ucap Cakka kalap.
 
Oik mendelik Cakka sinis, “apa maksud lo boong? Gausa kegeeran gue suakin deh,” desis Oik sinis.
 
“Ik, gue tau lo juag sayang sama guee,” kata Cakka sambil menyekal kedua tangan Oik, memaksa gadis itu melihat matanya.
 
Oik menunduk dalam-dalam
 
“coba tatap mata gue dan bilang lo gak sayang sama gue, Ik!” desis Cakka.
 
Oik menghela nafas, dan mendongak. Lututnya langsung lemas memandang mata Cakka, bagaimana bisa dia membohongi perasaan di depan mata Cakka itu?
 
“gu…guee,” Oik menggeleng.
 
“jangan paksa gue,” desisnya
 
“tuhkan, lo sayang sama gue kan, Ik? Jawab Ik??” desak Cakka sambil mengguncang bahu Oik.
 
Oik tak kuasa menahan air mata, ternyata cowo pujaannya yang ebrdiri dihadapannya benar-benar mencintainya dengan tulus.
 
Tapi apakah Cakka akan tetap mencintainya jika dia tau Oik…
 
Mendadak Oik kembali pusing, bahkan kali ini lebih parah dari sebelum-sebelumnya.
 
Cakka kaget melihat perubahan Oik dan sangat kaget melihat darah yang keluar dari hidung Oik,
 
“Oik, kok lo mimisan?” kata Cakka panic
 
Oik kaget, tanpa sadar dia meraba hidungnya dan mendapato darahnya mengalir seperti biasanya.
 
“bukan apa-apa, gue gak kenapa-kenapa ko,” kata Oik sambil berlari meninggalkan Cakka, aor matanya masih menangis.
 
‘Oik, lo kenapa? Apa lo sakit? Kenapa Ik? Jangan buat gue cemas gini,’ batin Cakka sambil memandangi punggung Oik yang menjauh, sekelebat kecemasan langsung menghantuinya.
 
‘Tuhan, kenapa Engkau memperlihatkan penyakitku ini di depan Cakka? Kenapa Tuhan?’ batin Oik sambil terus berlari.
 
***
 
Betapa pilunya rindu menusuk jiwaku
Semoga kau tau isi hatiku...

 
“Keke, Oik kemana? Lo tau?” Tanya Cakka panic, sejak dia berdialog dengan Oik dilapangan basket, sudah seminggu dia tidak melihat Oik.
 
Keke menggeleng, “gue gatau Kka, gue hubungi hape-nya tapi mailbox, gue sms pending, begitu jug ague BBM,” kata Keke jujur.
 
“bener?” Tanya Cakka
 
“iya serius, lo ga liat apa muka gue udah cemas gini? Akhir-akhir ini Oik sering mimisan Kka, geu takut dia kenapa-napa. Rencananya ntar pulang sekolah gue mau ke rumahnya,” tutur Keke
 
“gausa, biar gue aja yang ke rumah dia, minta alamt dia, Ke!” kilah Cakka
 
Keke tersentak, “tapi Kka….”
 
“udahlah Ke, please, kali ini gue mohon banget,”
 
Keke menghela nafas, “okedeh, tapi jangan bilang dari gue ya,”
 
“iya, sip! Thank you ya☺”
 
“sip!”
 
---
 
Jadilah pulang sekolah Cakka langsung mengemudikan motornya ke ruamh Oik,
 
Motornya berhenti di depan ruamh minimalis, dia melihat kertas yang diberikan Keke tadi, “ya, ga salah lagi, ini rumahnya!” katanya pelan
 
‘Ik, kamu kenapa?’ batin Cakka sambil membunyikan bel, perasaannya cemas sekali.
 
Setelah sekitar 3 kali memencet bel, seorang yang sudah lumayan berumur membuka pintu, tampaknya itu pembantu Oik,
 
“nyari siapa ya, mas?” tanyanya ramah
 
Cakka tersenyum, “Oiknya ada bi?”
 
Bibi itu mendadak murung,
 
“mas temennya neng Oik ya? Neng Oik sejak seminggu yang lalu dirawat di rumah sakit, mas,” kata bibi itu
 
Nafas Cakka tercekat, “ru..rumah sakit, bi? Oik sakit apa bi?” Tanya Cakka pelan
“saya kurang tau mas, tapi kalau tidak salah, leo….,”
 
“LEUKIMIA?” Tanya Cakka kaget
 
Bibi itu mengangguk, “nah iya mas benar, penyakit bahaya gak mas?” Tanya bibi itu penasaran
Dada Cakka terasa sesak seketika, apakah Oik menjauhinya karna penyakitnya ini?
 
“parah bi, banget malah. Dirumah sakit mana?”
 
“astagfirullah, semoga neng Oik baik-baik jaa deh. Saya denger dari nyonya katanya makin parah mas, di rumah sakit Caikers…”
 
“amiin semoga Oik gak apa-apa, saya permisi dulu ya bi, terima kasih,”
 
“iya mas, hati-hati ya.. saya selalu berdoa buat neng Oik,”
 
“iya bi,”
 
Cakka langsung menghidupkan mesin motornya dan melajukannya dengan kencang.
 
Dadanya bergemruh menahan kecemasan yang sangat dalam.
 
‘Tuhan jangan ambil Oik,’ hanya doa itu yang terus diucpkannya
 
***
 
Dan seiring waktu yang terus berputar
Aku masih terhanyut dalam mimpiku

 
“ma, kenapa aku gak mati aja sih? Apa lagi guna aku hidup? Cuma nyusahin mama papa aja,” kata Oik sambil menangis di hadapan mamanya.
 
“sst Oik kamu gabole ngomong gitu sayang, mama yakin Oik bisa sembuh,” hibur mamanya, mamanya ikut menangis melihat kondisi putri satu-satunya itu
 
“tapi ma.. aku juga udah capek ma.. capek nahan sakit ini,” isaknya
 
“aku juga pengen normal kayak teman-teman yang lain ma,” sambung Oik lirih.
 
“makanya kamu yang kuat ya sayang, mama yakin puti mama kuat,” mamanya memeluknya erat.
 
Tok! Tok!
 
Suara pintu kamar diketuk terdengar.
 
Mama Oik melepaskan pelukannya, “masuk,” katanya sambil menyeka air matanya.
 
Sosok Cakka masuk ke ruangan, membuat Oik tercekat.
 
“permisi tante, saya Cakka… teman Oik,”
 
“oh, tante titip Oik sebentar ya nak, tante mau beli makanan dulu keluar,” kata mama Oik sambil beranjak
 
“iya tante,”
 
Ruangan hening saat mama Oik keluar dari kamar, Oik membuang muka sambil menggigit bibirnya, menahan tangis.
 
Cakka duduk disebelah Oik, kemudian memegang tangannya.
 
Oik langsung menarik tangannya, “kenapa lo datang Kka? Tau dari mana lo geu disini?” Tanya Oik tapi tidak menatap Cakka.
 
Cakka menghela nafas, “gue ke rumah lo, pembantu lo yang kasi tau, Ik.”
 
“Ik… kenapa lo ga cerita sama gue? Keke juga gatau lo sakit,” sambung Cakka lirih sambil memegang tangan Oik kembali.
 
Oik kembali menarik tangannya, “geu gak mau kalian kasihan sama gue, memang mungkin gue munafik, tapi gue gasuka dikasihani,” kata Oik bergetar
 
“Ik…”
 
“dan gue juga gamau kalianm benci sama gue,”
 
“Ik..”
 
“terus jauhi cewe penyakitan kayak gue,”
 
“Ik,”
 
“gue emang gapantas idup, kapan gue mati?”
 
“OIK DENGERIN GUE, TATAP MATA GUEE!” teriak Cakka yang membuat Oik terdiam dan reflex menatap cowo tampan tersebut
.
“apa Kka? Lo mau ngehina gue? Gue selalu menjauhi lo karna gue gamau lo hina Kka, geu tau kalo lo udah tau gue penyakitan, lo bakal jauhin gue, iyakan? Gue emang gapantas buat cowo populer kayak lo, Kka.” Isak Oik
 
Cakka memeluk Oik erat, entah mengapa Oik merasa teramat nyaman dan enggan melepaskan pelukan Cakka tersebut.
 
“Oik mau lo sakit, gue tetap sayang, dan cinta banget sama lo, ras ague gaakan berubah atopun goyah, Ik! Lo emang malaikat dihati gue,” tutur Cakka
 
Oik terisak, semakin pedih. “tapi Kka, gue Cuma cewe penyakitan yang umurnya mungkin tinggal sedikit lagi…”
 
“sst, hanya Tuhan yang tau umur Ik,”
 
“gue mau Tanya sama lo, lo sayang gak sih Ik sama gue?
 
Hening sesaat, kemudian Oik melepaskan pelukan Cakka dan menatap cowo itu, mata indah Oik kini sayu, membuat Cakka semakin sedih.
 
“gue sayang, sayang banget malah sama lo. Gue juga punya rasa yang sama, tapi gue gak pede Kka, masa cewe penyakitan kayak gue berani pacaran sama cowo pupuler kayak lo?” tegasnya pilu
 
Cakka tersenyum tipis, kemudian tangannya membelai pipi Oik.
 
“Oik, apapun yang terjadi sama lo, rasa gue gaakan berubah. Lo paham?”
 
“iya…”
 
“dan Oik, will you be my girlfriend?” Tanya Cakka tulus sambil mengecup pipi Oik.
 
“Kka?” Tanya Oik kaget
 
Cakka tersenyum manis, “yah, gue serius Ik.”
 
“ng….” Oik tampak bimbang, bagaimana bisa Cakka menerima kekurangannya?
 
“gue butuh sebuah jawaban Ik, bukan keraguan!” kata Cakka pelan
 
Oik tersentak, dia merasakan ketulusan Cakka, “yes, I’ll,” ucap Oik pelan
 
Cakka sumringah, dan memeluk Oik (again) denagn erat.
 
“Kka, makasi ya lo udah mau nerima kondisi gue,” kata Oik sambil menangis tertahan,
 
Cakka melepaskan pelukan Oik dan tersenyum manis, dia menyeka air mata Oik dengan ibu jarinya, “cinta sejati itu menerima kekurangan dan kelebihan Oik,”
 
Oik tersenyum kecil, air matanya mengalir semakin deras, “makasi Kka, aku cinta kamu,”
 
“I love you too, ☺”
 
“dulu aku selalu menanti jawaban perasaan dari kamu, sekarang kita berdua menunggu sebuah jawaban dari Tuhan, atas penyakit kamu sayang,” kata Cakka lembut sambil memeluk Oik.
 
“ya Cakka, aku harap kamu sabar menantinya.”
 
“pasti,”
 
---
 
Dari balik jendela, mama Oik tersenyum lebar,
‘terima kasih Tuhan, kau memberikan seseorang untuk menguatkan anakku,’ 

THE END

1 komentar:

Yesi Darma mengatakan...

Sedih ;-( .

Poskan Komentar

 

Caikers Family Official Blog. Design By: SkinCorner